Bisnis Rumah Kontrakan untuk Sumber Penghasilan Alternatif

Bisnis Rumah Kontrakan – Home sweet home. Rumah merupakan tempat terbaik bagi siapapun dalam menjalani kehidupannya. Selain untuk membina keluarga, rumah juga merupakan tempat untuk tumbuh kembang anak-anak kita.

Oleh karena itu berbagai cara pun dilakukan untuk bisa memiliki dan mempunyai rumah sendiri. Tanpa mengontrak ataupun menumpang di rumah orang tua ataupun mertua.

bisnis rumah kontrakan

Properti rumah juga dapat menjadi sumber ekonomi bagi penghuninya. Cepatnya kenaikan harga tanah dan rumah menjadikan rumah sebagai sebuah investasi terbaik. Apabila kondisi keuangan memburuk, rumah dapat dijual untuk mengatasinya. Sedangkan sisanya dapat digunakan untuk membeli rumah yang lebih murah.

Buat Perencanaan

Selain itu rumah pun dapat mendatangkan uang dengan cara menyewakannya. Bisnis rumah kontrakan belakangan banyak dilakukan di berbagai kota. Bisnis semacam ini umumnya dilakukan untuk rumah-rumah yang dekat dengan perkantoran, kampus, ataupun kegiatan perdagangan dan bisnis lainnya.

Ada banyak cara mendapatkan uang dengan menyewakan rumah ini. Namun apabila Anda berniat menjadikan rumah sebagai sumber pendapatan, tentunya Anda harus merencanakannya dengan matang sebelumnya. Termasuk dalam mendesain rumah sehingga kehidupan dalam keluarga Anda terpisah secara fisik dengan bagian rumah yang akan dikontrakkan.

Layanan Bisnis Rumah Kontrakan yang Diberikan

Berikut beberapa tips atau kiat yang perlu Anda perhatikan agar saat usaha rumah kontrakan, kehadiran orang yang menyewa tidak malah menimbulkan masalah di kemudian hari.

  1. Apabila di rumah Anda terdapat sisa tanah di sekelilingnya, buatlah ruangan dalam bentuk kamar-kamar atau paviliun. Kalau perlu, bangun dengan konsep rumah tumbuh sehingga apabila Anda mempunyai uang yang cukup, Anda dapat membangun kamar lebih banyak lagi. Kamar-kamar inilah yang dapat disewakan sebagai kos.
  2. Pilihlah calon pengontrak adalah orang yang sudah bekerja atau berkeluarga. Dari pengalaman, orang yang sudah bekerja umumnya hanya membutuhkan kamar sebagai tempat istirahat setelah lelah bekerja. Hal ini tentu berbeda bila mengontrakkan bagi mahasiswa yang tentunya lebih ramai dan berisik. Apalagi bila Anda mempunyai anak yang masih bayi, tentu akan mengganggu.
  3. Buat aturan sewa dalam bentuk tahunan atau malah beberapa tahun sekaligus dengan sistim pembayaran dimuka. Ini akan membuat Anda mempunyai tabungan yang cukup dalam mengelola keuangan keluarga. Termasuk apabila Anda ingin menambah kamar atau melakukan renovasi.
  4. Apabila Anda ingin menambah penghasilan, Anda dapat mengembangkan layanan untuk para penghuni kamar. Apabila Anda atau istri Anda pandai memasak, Anda dapat menawarkan katering. Anda juga dapat menawakan jasa laundry karena umumnya orang yang sudah sibuk bekerja tak akan mempunyai waktu yang cukup untuk mengurusi kebutuhan hariannya. Untuk itu Anda dapat mengangkat seorang karyawan yang akan mengoperasikan jasa layanan Anda. Dari pengalaman pula, tak jarang bisnis rumah kontrakan semacam ini dapat berkembang menjadi bisnis dalam skala yang lebih besar dengan melebarkan sayap ke tetangga dan masyarakat umum.

Itulah informasi tentang bisnis rumah kontrakan yang bisa anda manfaatkan untuk menambah penghasilan keluarga.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *