Cara Beternak Ikan Mas yang Menghasilkan

Namun dalam menjalankan usaha budidaya ikan mas haruslah dipersiapkan secara matang. Langkah ini sangatlah penting karena akan memberikan hasil panen yang lebih baik dan lebih berhasil. Persiapan awal yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan kolam yang akan menjadi tempat pembesaran ikan yang anda usahakan.

Sebelum kolam diisi dengan air, sebaiknya bersihkan kolam dari berbagai potensi hama ataupun predator yang nantinya malah akan menyebabkan ikan mati. Pastikan kondisi kolam sudah benar-benar kering sebelum digunakan.

Sedangkan untuk menentukan jumlah ikan yang ingin anda budidayakan, bisa dilakukan dengan perhitungan sekitar 100 hingga 200 ekor benih untuk setiap meter kubik luasan kolam. Perhitungannya berdasarkan ketinggian air kolam.

Untuk waktu panennya, usaha ternak atau budidaya ikan mas umumnya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan dari saat anda melakukan tebar benih. Anda juga sudah bisa mulai menjual hasil panen saat ikan peliharaan anda mencapai berat 300 gram. Dengan ukuran sebesar ini umumnya terdiri dari 3 hingga 5 ekor ikan dalam setiap berat 1 kg.

Faktor kunci lainnya yang juga mesti anda perhatikan agar usaha budidaya anda memberikan hasil yang optimal adalah dengan memilih benih atau bibit ikan mas unggul yang terpilih. Benih ikan dengan ukuran 3-5 cm yang berkualitas akan memudahkan dalam proses pemeliharaan ikan dan memberikan hasil panen yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *