Cara Simpel Ternak Ikan Air Tawar

cara ternak ikan lele

Jika anda berniat untuk menjalankan budidaya ikan bawal yang berhasil, berikut ini beberapa tips mempersiapkan kolam bawal yang semoga dapat menjadi panduan untuk anda.

Setelah kolam siap, keringkan dasar kolam dan pastikan tidak ada predator ataupun hewan yang akan membahayakan larva benih bawal anda.

cara ternak ikan lele

Kemudian tingkatkan PH tanah dengan cara melakukan pemupukan atau pengomposan dengan menggunakan pupuk kandang yang sudah matang.

Selanjutnya tuangkan air ke dalam kolam. Volume air kolam sebaiknya disesuaikan dengan jumlah benih yang ingin anda tebarkan. Diamkan air kolam sampai terlihat berwarna bening kehijauan atau sekitar 7 sampai 10 hari.

Setelah anda menebarkan larva dan benih bawal sudah mencapai umur 25 hari anda bisa memberikan pelet atau pakan ikan. Namun sebaiknya perhatikan takaran pakan ini, yaitu cukup sekitar 2 sampai 5 % dari berat ikan. Sedangkan untuk frekuensinya bisa dilakukan 3 kali sehari.

Lakukan proses pembesaran dengan telaten dan perhatikan kondisi kolam agar selalu terpelihara dan terhindar dari bahaya. Jika proses pembesaran dilakukan dengan benar, dalam waktu sekitar 35 hari ikan bawal pun siap dipanen. Pada saat itu ukuran ikan sudah mencapai 1 inchi dan hasil budidaya bawal siap dijual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *