Kiat Jitu Memilih Kredit Motor Bekas

Kredit Motor Bekas – Tingginya permintaan dan konsumsi kendaraan jenis sepeda motor di Indonesia tentu merupakan peluang bisnis yang sangat prospektif. Peluang ini juga mendorong lembaga-lembaga pembiayaan untuk turut meraup untung di bisnis ini dengan menyediakan kredit.

Menariknya, layanan ini bukan hanya untuk pembelian motor baru, namun mereka juga bertarung dalam memberikan kredit motor bekas.

kredit motor bekas

Persaingan kendaraan bermotor roda roda di Indonesia selama ini didominasi produk dari Jepang. Belakangan, motor-motor produk China dan Taiwan pun turut meramaikan dan mewarnai persaingan tersebut. Bahkan industri dalam negeri pun mulai tertarik dan memproduksi sepeda motor untuk memenuhi permintaan yang memang tinggi itu.

Persaingan Kredit Motor Bekas

Untuk memenuhi besarnya permintaan kredit sepeda motor, berbagai lembaga pembiayaan menyediakan beragam layanannya. Namun kebanyakan layanan ini biasanya disesuaikan atau dikelompokkan berdasarkan profesi atau institusinya. Seperti kredit untuk profesi guru atau kredit untuk pegawai negeri sipil (PNS).

Dibandingkan gencarnya kredit untuk sepeda motor baru, layanan kredit motor bekas memang kurang begitu terlihat. Hal ini mungkin disebabkan jumlah peminat motor bekas yang relative kecil. Apalagi harga motor bekas tidak terlalu tinggi, sehingga banyak konsumen yang bisa membelinya secara tunai.

Baca juga: Budidaya Ikan Patin

Meskipun demikian, bisnis sepeda motor bekas tak kalah dinamisnya dengan motor baru. Penjualan sepeda motor bekas yang memberikan layanan kredit tidak hanya dilakukan perusahaan besar. Sejumlah bisnis perorangan pun tak sedikit yang menyediakan kredit untuk pembelian sepeda motor bekas.

Cermati Jangka Waktu Kredit

Terdapat sejumlah perbedaan antara kredit sepeda motor bekas dengan motor baru, terutama menyangkut harga dan kualitas motornya. Kalau keuangan Anda cukup untuk membeli motor bekas secara tunai itu akan lebih baik. Namun bila tidak, berikut beberapa tips mengambil kredit motor bekas yang perlu diperhatikan agar tidak kecewa.

  • Ada layanan kredit yang diberikan oleh toko yang bersangkutan, namun ada pula layanan kredit diberikan oleh lembaga pembiayaan sebagai pihak ketiga. Karena itu pilih toko atau lembaga pembiayaan yang memiliki reputasi yang cukup baik, khususnya dalam layanan kredit sepeda motor.
  • Terlebih dahulu pilih sepeda motor yang diinginkan. Motor bekas tentu jauh berbeda dengan motor baru. Ketelitian sangat menentukan agar Anda tidak kecewa nantinya. Tanyakan kekurangan atau kelemahan yang mungkin ada dari motor yang Anda pilih. Mintalah garansi yang cukup untuk menjamin kualitasnya.
  • Untuk besarnya uang muka maupun cicilan perbulannya, biasanya pihak toko sudah menyediakan daftarnya. Sebaiknya pilih dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda. Karena motor yang Anda beli adalah motor bekas, akan lebih baik bila waktu kreditnya jangan terlalu lama agar bunganya tidak terlalu tinggi.
  • Begitu juga sebaiknya Anda cermati besarnya bunga dan sistim kreditnya. Pilih kredit jenis fix yang tetap besaran cicilannya setiap bulannya agar Anda tidak kaget dengan adanya perubahan besarnya suku bunga perbankan. Lagian kalau waktu kreditnya tidak lama, tentu tidak terlalu berat dengan bunga fix.

itulah informais tentang kredit motor bekas yang semoga bisa bermanfaat dan memberikan referensi yang berguna.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *